Ini Lima Bahan Hijab yang Nyaman untuk Muslimah

Alfatih-media.com-Muslimah dan hijab adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Bahkan jaman sekarang sudah tersedia hijab untuk balita. Hal tersebut menunjukkan betapa urgennya sebuah edukasi dalam menurut aurat. Sebagian orang tua membiasakan memakai hijab dari kecil, meskipun tidak semuanya. Hijab merupakan salah satu icon dari perempuan muslim. Hal tersebut berdasarkan ajaran yang tersirat dalam QS An Nur ayat 31:

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖوَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ

عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖوَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ  …

Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka ….”

Hijab jaman sekarang banyak modelnya, banyak juga jenis bahannya. Untuk bisa nyaman dan aman saat menggunakan hijab, tak ada salahnya kita mengenal lima bahan hijab yang sering dijumpai di sekitar kita.

1. Bahan sifon, jenis bahan hijab yang perlu memakai ciput di dalamnya. Sebab bahan hijab ini memiliki sifat yang licin dan panas. Bahan ini terbuat dari campuran bahan kapas, sutra dan serat sentesis. Jenis hijab yang berbahan ini biasa dipakai saat acara semi formal, sebab hijab sifon ini terkesan dengan penampilan yang elegan.

2. Bahan sutra, jenis hijab kedua ini sesuai dengan bahan dasarnya sutra yang membuat tampilannya sangat lembut. Dingin dan lembut adalah rasa kan hadir ketika kita menggunakan hijab bahan sutra ini. Tidak heran jika harganya lebih mahal daripada hijab lainnya. Sama dengan baju sutra, hijab yang berbahan sutra ini juga butu perawatan yang sangat baik agar bisa bertahan lama. Sesuai dengan harga dan perawatannya, hijab jenis ini bisa memberikan kenyamanan yang maksimal di setiap acara.

3. Bahan spandex, jenis hijab yang mampu menyerap keringat dengan baik. Kelebihan itulah membuat jenis hijab ini banyak diminati orang, baik dari kalangan bawah maupun atas. Dan satu lagi kelebihannya, jenis hijab ini mudah dibentuk dan dimodif dengan berbagai macam gaya. Bahan spandex ini juga memerlukan perawatan yang baik agar tidak melar.

4. Bahan rayon, jenis hijab yang akan memberikan kesan penampilan yang casual. Adem dan nyaman ketika digunakan, namun nudah kusut. Untuk menggunakan bahan hijab yang jenis rayon ini, kita perlu memperhatikan kapan kita memakainya. Mengapa demikian? karena jenis hijab yang ini gampang sekali menyerap keringat, sehingga kadang membuat bau tak sedap

5. Bahan katun, jenis hijab yang pasti bersahabat di manapun dan acara apapun. Jenis hijab yang ini yang paling banyak digunakan untuk hijab keseharian. Bahannya halus, dingin, dan santai aja dibawa kemanapun. Jilbab ini mungkin banyak dikenal dengan “paris”, hijab yang harga dan pemakaiannya bikin nyaman dan aman. Tak salah jika sebagian besar muslimah menjatuhkan pilihannya pada hijab jenis ini.

Lima jenis bahan hijab di atas memiliki plus dan minusnya masing-masing. Kita bisa menentukan pilihan hijab yang mana yang hendak kita pakai sesuai selera saja. Yang terpenting adalah kenyamanan, sehingga tidak ada gangguan ketika kita memakainnya. (sumber:BincangMuslimah.Com)

 

Latest Articles

Comments