Ini Dua Nama yang Paling Dicintai Allah

Alfatih-media.com-Salah satu anjuran Rasulullah saat  memberi nama kepada anak yang baru lahir adalah membaguskan nama-nya. Sebab nama adalah identitas anak tersebut dan sedikit banyak akan memberikan pengaruh terhadap kepribadiannya.

Nama yang jelek akan berpengaruh jelek pula pada anaknya. Nama jelek tersebut sering didengar olehnya  saat orang lain memanggilnya, sehingga secara tidak langsung alam bawah sadar terus merekamnya dan masuklah ke gelombang otak.

Dengan begitu, sebuah nama memiliki kekuatan untuk menarik setiap apa-apa yang ada disekitarnya. Tak salah jika Rasulullah menganjurkan umatnya untuk memberikan nama yang bagus pada setiap anak yang baru dilahirkan oleh ibunya.  Diceritakan dari Abu Darda’ bahwa Rasulullah bersabda:

إنكم تُدعون يوم القيامة بأسمائكم وأسماء آبائكم فأحسنوا أسماءكم

Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalian (HR. Abu Dawud)

Namun tahukah jika ada dua nama yang selain bagus, Allah juga mencintai nama tersebut? Dua nama tersebu adalah Abdullah dan Abdurrahman. Dua nama tersebut tentu cocok bagi setiap anak yang terahrkan di dunia dengan jenis kelamim laki-laki sepanjang zaman. Bukan berarti tidak berlaku paza anak zaman millennial sekarang. Sebagaimana sabda Nabi di bawah ini:

إِنَّ أَحَبَّ أَسْمَائِكُمْ إِلَى اللهِ: عَبْدُ اللهِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ

Sesungguhnya nama kalian yang paling dicintai Allah adalah ‘Abdullah dan ‘Abdurrahman (HR Muslim)

Banyak orang tua yang memberikan anaknya dengan nama yang paling dicintai oleh Allah tersebut. Salah satunya adalah  KH Wahid Hasyim, putra KH Hasyim Asy’ari yang menjabat menteri Negara dalam kabinet pertama Indonesia. Beliau memberikan nama anaknya dengan nama Abdurrahman Wahid. Abdurrahman adalah nama yang paking dicintai-Nya, dan Wahid adalah tambahan nama bapaknya. Abdurrahman Wahid tersebut seorang tokoh hebat yang biasa disapa dengan Gus Dur.

Dua nama yang paling dicintai Allah tersebut bisa dijadikan solusi bagi orang tua yang sedang mencarikan nama untuk buah hatinya. Harapan dari nama indah tersebut adalah tidak lain agar anak selalu dilimpahkan cinta dan rahmat olehh-Nya. Jika selalu diliputi cinta dan rahmat-Nya, kelak ia akan menjadi orang yang paling beruntung dan bahagai di dunia. (sumber:BincangSyariah.Com)

Latest Articles

Comments