Ini Doa yang Bisa Dibaca Untuk Kebaikan Diri

Alfatih-media.com-Rasulullah mengajarkan kita untuk memulai segala sesuatu dari diri sendiri. Apa artinya kita memerintahkan orang lain untuk menjadi pribadi yang baik, jika kita sendiri belum menjadi pribadi yang baik. Hal tersebut berdasarkan keumuman dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

ابدأ بنفسك

“ Mulailah dari dirimu sendiri “ (HR Muslim).

Begitupun dengan kebaikan dalam berdoa, dianjurkan dalam berdoa untuk mendoakan kebaikan dirinya sendiri sebelum mendoakan orang lain. Dan itu sudah menjadi kebiasaan Nabi Muhammad dan utusan Allah sebelumya. Yang demikian bukan berarti ia pribadi yang egois, melainkan sebuah adab dalam berdoa. Demikian pula yang dicontohkan di dalam Al Qur’an dalam doa Nabi Ibrahim dalam QS Ibrahim [14]: 41,

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)”

Dengan demikian, salah satu langkah baik sebelum mengingakan kebaikan-kebaikan lainnya adalah mengharapkan kebaikan diri. Kebaikan diri tidak bisa datang sendiri begitu saja, melainkan harus dipikirkan dan diusahakan. Sebab Allah tidak akan memberikan peerubahan kepada hamba-Nya, melainkan hamba tersebut memang mengehendaki dan mengusahakan.

Langkah awal yang bisa dicoba untuk kebaikan diri adalah berdoa. Berdoa kepada Allah agar Allah selalu memberikan petunjuk, berkat petunjuk-Nya kita bisa menjalani kehidupan tanpa kesesatan. Dan juga memohon kebaikan-kebaikan lainnya untuk diri sendiri. Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah untuk kebaikan diri adalah sebagai berikut:

اللهم اغفر لي وارحمني واهدني وغافني وارزقني

Allahummaghfili warhamni wahdini warzuqni

Ya Allah ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah aku petunjuk, selamatkan aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku  (HR. Muslim)

Doa tersebut tertulis dalam kitab Shahih Muslim. Sebuah doa yang bisa kita amalkan untuk mendapatkan kebaikan diri, penghantar yang baik menuju pribadi yang lebaik baik lagi. Semoga kita menjadi pribadi yang baik dengan mengamalkan doa untuk kebaikan diri di atas. Amin. (sumber:BincangSyariah.Com)

Latest Articles

Comments