Hijaber Ini Raih Kursi Legislatif di Negara Bagian AS

Alfatih-media.com-Perempuan berhijab kian menunjukkan eksistensinya di dunia politik Amerika Serikat. Ilhan Omar pada November 2018 silam, ia menjadi perempuan berhijab pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres Amerika Serikat.

Mengikuti jejak Ilhan Omar, seorang perempuan berhijab kembali memenangkan pemilihan legislatif negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat. Dia adalah Movita Johnon Harrel.

Movita menjadi hijaber pertama yang duduk di badan legislatif negara bagian Philadelphia. Ia memenangkan 66 % suara. Kemenangannya hangat diperbincangkan di dunia maya.

"Saya melakukan ini karena peduli terhadap komunitas saya, saya tidak butuh pekerjaan. Banyak orang masuk politik untuk karir, uang, kekuasaan, kemegahan," tutur Movita.

Seperti yang di publikasi Phillymag, Movita tidak berasal dari keluarga kaya. Ia tinggal di Public Housing, yaitu perumahan yang dibuat oleh pemerintah AS untuk keluarga kurang mampu. Ia juga mengalami banyak pengalaman pahit dalam hidupnya. Ayahnya dibunuh pada tahun 1975 dan saudara laki-lakinya juga dibunuh pada tahun 1991.

Salah satu motivasi terbesar hijabers tersebut untuk masuk ke politik adalah anak laki-lakinya bernama Charles Johnson. Sang putra yang berkulit hitam mendapatkan kekerasan fisik beberapa kali hingga akhirnya ditembak orang tak dikenal dan meninggal. 

Sejak saat itu, ia mendirikan The Charles Foundation. Melalui foundation tersebut, ia mengkampanyekan isu kekerasan dan pencegahan penyalahgunaan senjata yang umum ditemukan di Philadelphia. 

Seiring berjalannya waktu, namanya kian dikenal hingga ia memenangkan kursi legislatif di pemerintahan negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat tahn 2019. Penampilan hijabnya juga ikut mencuri perhatian. Ia berharap bisa mewakili suara minoritas dari komunitasnya. (phillymag/gm/ef/foto:int)

Latest Articles

Comments