Hadir di Balige, GOJEK Dukung Pariwisata dan UMKM di Toba Samosir

MEDAN (alfatih-media.com)-GOJEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, diluncurkan di Kota Balige, Kamis (2/5/2019).

Peluncuran dilakukan oleh Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Toba Samosir Lalo Hartono Simanjuntak yang ditandai dengan pemukulan gong.

Kepala Dinas Kominfo Toba Samosir Lalo Hartono Simanjuntak didampingi oleh Arie Prasetyo selaku Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Muhammad Ruslan - Head of Public Policy & Government Relations GOJEK Regional Sumatera, perwakilan Dinas Perhubungan Tobasa dan staf ahli Bupati Tobasa di Lapangan D.I. Panjaitan. Turut hadir dalam acara jajaran SKPD Pemerintah Kabupaten Toba Samosir. 

Dalam sambutan Bupati Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Toba Samosir Lalo Hartono Simanjuntak berharap, kehahdiran GOJEK di Balige, dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan berbagai layanan lengkap dengan mudah. Di saat yang sama, GOJEK juga membantu pekerja sektor informal serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memperoleh pendapatan lebih baik melalui teknologi.

 “Saya mewakili masyarakat Tobasa menyambut hangat kehadiran GOJEK di Balige. Beroperasinya GOJEK di Balige merupakan salah satu indikasi dari kemajuan kota yang kita banggakan ini. Di mana dengan memanfaatkan teknologi, masyarakat merasakan kemudahan dalam menjalani berbagai kegiatan sehari-hari dengan layanan GOJEK. Keberadaan GOJEK juga akan mendukung perkembangan pariwisata di Tobasa, karena sekarang wisatawan dapat dengan mudah menavigasi lokasi-lokasi wisata di daerah kita ini,”tuturnya.

Selain sebagai indikator kemajuan, Bupati menegaskan, bahwa pemerintah Kota Balige mendukung sepenuhnya kegiatan operasional Gojek di Tobasa. Baik untuk pelayanan publik seperti transportasi maupun layanan lainnya yang mempermudah kehidupan masyarakat. Sejalan dengan hal itu, kami juga berterima kasih dengan kehadiran GOJEK di Balige karena telah membantu program pemerintah dalam memberdayakan masyarakat di sektor informal dan mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di sini.

Pejabat Sementara (PJS) Vice President GOJEK Regional Sumatera, Erika Agustine mengatakan, GOJEK memulai operasinya di Sumatera Utara dengan pembukaan layanannya di Kota Medan pada tahun 2015. Sekarang layanan GOJEK telah tersedia pula di Binjai, Pematang Siantar, Padang Sidempuan, Tanjung Balai  dan Balige. Di Tobasa, area operasional GOJEK meliputi Balige, Siborongborong, Laguboti, Porsea dan area bandara Silangit.

“GOJEK memiliki misi untuk memberikan manfaat sosial seluas mungkin bagi jutaan masyarakat Indonesia. Melalui beroperasinya GO-JEK di Balige, kami berharap lebih banyak lagi UMKM dan pengusaha mikro seperti mitra driver di Balige yang bisa merasakan manfaat teknologi, khususnya dalam membantu perekonomian daerah,”katanya.

Dikatakannya, hal ini merupakan bagian dari dukungan kami terhadap program Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia khususnya di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Arie Prasetyo selaku Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menyampaikan bahwa Tobasa memiliki banyak obyek wisata berkualitas yang berpotensi menarik banyak wisatawan ke daerah ini. Kehadiran GOJEK bisa mempertemukan kebutuhan konsumen, baik masyarakat setempat maupun wisatawan, dengan penyedia jasa, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada perekonomian daerah.

Manfaat dan Layanan GOJEK Bagi Masyarakat Toba Samosir

Dari sisi pariwisata, ketersediaan layanan GOJEK di area ini diharapkan turut memberi dampak positif berupa kenaikan jumlah wisatawan, karena adanya kemudahan dalam menavigasi area ini serta mengakses lokasi wisata seperti Makam Sisingamangaraja XII, Museum T.B. Silalahi Center, dan pantai Lumban Bulbul.

GOJEK hadir di Balige melalui tiga layanannya yakni pengantaran penumpang (GO-RIDE), pengantaran makanan (GO-FOOD), maupun pengantaran barang (GO-SEND), GOJEK menghadirkan kemudahan bagi masyarakat Tobasa maupun pengunjung atau wisatawan yang datang ke daerah ini.

Selain kemudahan dalam mobilitas, GOJEK juga memudahkan pengguna dengan menyediakan layanan GO-FOOD. GO-FOOD merupakan layanan pesan-antar makanan yang tersambung dengan penjual makanan di wilayah setempat. Tercatat hampir 400 UMKM di Tobasa telah bergabung sebagai mitra merchant GO-FOOD, artinya pengguna GOJEK dapat dengan mudah menikmati ratusan sajian kuliner dengan memesan melalui aplikasi.

GOJEK berkomitmen memberdayakan pelaku UMKM di Kota Balige dengan memberikan akses pasar yang lebih luas kepada mereka. Erika mengatakan,

“Berdasarkan riset yang dilakukan LD FEB UI pada tahun 2018, 93% pelaku UMKM mengalami peningkatan transaksi setelah bergabung dengan GOJEK. Meningkatnya jumlah transaksi tentu akan berdampak pada perkembangan usaha mereka,” ujar Erika lebih lanjut.

Komitmen GOJEK dalam mendorong kesejahteraan mitra terbukti turut berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) tahun 2018 mengungkapkan, kontribusi pendapatan mitra GOJEK ke ekonomi nasional adalah sebesar Rp 16,5 Triliun per tahun dari penghasilan mitra driver roda dua dan Rp 18 Triliun dari mitra UMKM.

Konsumen Dapat Menggunakan Aplikasi GOJEK dengan Mudah

Masyarakat Balige dapat menikmati berbagai layanan GOJEK dengan mengunduh aplikasi GOJEK di PlayStore atau AppStore, kemudian melakukan registrasi sebagai konsumen. Untuk melakukan pemesanan layanan, konsumen dapat memilih layanan lewat menu utama di aplikasi GOJEK. Konsumen dapat memilih layanan sesuai kebutuhan, baik itu GO-RIDE, GO-FOOD ataupun GO-SEND.

Untuk GO-RIDE dan GO-SEND, konsumen perlu mengisi data berupa informasi mengenai lokasi penjemputan serta tempat tujuannya. Untuk GO-FOOD, pelanggan bisa memilih berbagai menu makanan dari tempat makan yang telah bekerja sama dengan GO-FOOD. Kemudian pelanggan bisa menentukan lokasi pengantaran makanannya. Sebelum melakukan konfirmasi pemesanan, pelanggan akan mendapatkan informasi mengenai biaya yang dibutuhkan. Setelah pesanan dikonfirmasi, aplikasi akan mencarikan mitra driver yang tersedia untuk menyelesaikan pemesanan ini.

Selanjutnya, konsumen dapat melakukan pembayaran dengan tunai kepada mitra driver maupun dengan saldo GO-PAY yang dapat diisi lewat berbagai metode, seperti melalui driver, Alfamart & Alfamidi, ATM dan internet dan mobile banking. GOJEK juga memberikan secara cuma-cuma voucher GO-PAY senilai Rp18.000 bagi pelanggan yang baru pertama kali menggunakan layanan GOJEK. Voucher GO-PAY akan diterima 1 x 24 jam setelah registrasi pertama kali. (ef/foto:ist)

Latest Articles

Comments