Genjot Pariwisata Sumut, Rute Penerbangan Baru Dijajaki

MEDAN (alfatih-media.com)– Pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut). Berbagai upaya dan kerja sama ditempuh untuk menggenjot dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Apalagi, salah satu destinasi super prioritas yaitu Danau Toba ada di Sumut.

Untuk itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi rencana pengadaan rute baru untuk penerbangan yang masuk ke Sumut. Apresiasi ini disampaikannya saat menerima Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga dan rombongan di Ruang Kerja Gubernur, Lantai 10, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (12/12).

“Kami selaku Pemerintah Provinsi Sumut tentu sangat menyambut baik. Bagaimana pun, kolaborasi adalah kunci yang mempercepat pembangunan dan cita-cita kita. Pemerintah tentu tak bisa jalan sendiri,” kata Edy Rahmayadi, yang didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah.

Tidak sekadar rute penerbangan, Edy juga berharap kekayaan dan keberagaman Sumut diperkenalkan melalui media-media promosi AirAsia. Antara lain, melalui majalah yang dibagikan di dalam pesawat, konten-konten di media website dan aplikasi yang tersedia. Apalagi, maskapai ini sangat familiar di wilayah Asia.

“Potensial sekali itu menarik wisatawan,” tuturnya.

Kemudian, Edy juga menyampaikan harapan agar pembukaan rute nantinya tidak hanya fokus di Kualanamu. Tetapi juga bandara-bandara lain, seperti Bandara Silangit.

“Mudah-mudahan, niat baik ini berjalan lancar. Karena nantinya yang juga diuntungkan adalah masyarakat setempat, perekonomian daerah bergerak dan pada akhirnya membantu kemajuan Sumut,” ucapnya.

Wagub Musa Rajekshah juga mengapresiasi rencana penjajakan rute baru yang akan masuk ke Sumut.

“Kita ketahui bersama, bahwa salah satu kunci kemajuan daerah adalah konektivitas dan infrastruktur. Memperbanyak rute ke Sumut mudah-mudahan akan membuka lebih banyak kesempatan baik yang mendukung pembangunan Sumut,” ujar Wagub.

Berbagai event tingkat nasional dan internasional yang terselenggara di Sumut seperti Festival Danau Toba, Sail Nias, surfing di Nias, rally maupun event lainnya, juga diharapkan Wagub, dapat dibantu dipromosikan. Sehingga semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Sumut.

Sebelumnya, Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga menyampaikan bahwa kunjungan dirinya bersama rombongan bertujuan untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi terkait rencana AirAsia Indonesia untuk membuka rute penerbangan baru ke Sumut. Salah satu tujuannya ialah untuk membantu meningkatkan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi Sumut.

“Kita sangat optimis dengan Sumut. Berdasarkan rute-rute yang ada ke Sumut selama ini seperti Medan-Yogyakarta, Medan-Kuala Lumpur dan lainnya itu okupansinya selalu 85 persen,” jelas Veranita.

Dirinya sepakat dan membenarkan bahwa upaya dukungan AirAsia terhadap pengembangan pariwisata Sumut tidak berhenti sekedar membuka rute baru. Melainkan, juga akan membangun kolaborasi dengan komunitas pariwisata setempat, mempromosikan budaya dan usaha penduduk lokal di daerah wisata seperti Danau Toba melalui aset-aset yang dimiliki AirAsia.

“Apalagi kami bisa dibilang sudah sangat cakap dengan dunia pemasaran, khususnya digital marketing. Mudah-mudahan selain membuka konektivitas, kami juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat lokal,” harapnya

Veranita mengatakan akan menjajaki terlebih dahulu dan menerima masukan dari pemerintah daerah, komunitas pariwisata, serta travel agen lokal. Ditanya rute-rute dari mana saja yang akan dibuka ke Sumut, dirinya menyebut masih proses diskusi. Pertemuan kemudian diakhiri dengan bertukar cendera mata antara Pemprov Sumut dengan PT AirAsia. (ril/ef/foto:ist)

Latest Articles

Comments