Erdogan Minta Netanyahu Pertahankan Hubungan dan Saling Menghormati

Alfatih-media.com-Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang baru memenangkan pemilihan, bahwa penting untuk menjaga hubungan atas dasar saling menghormati, demikian rilis kepresidenan Turki pada Kamis (17/11/2022).

Dalam panggilan telepon, Erdogan mengatakan, kepada Netanyahu bahwa dia sedih dengan peristiwa dua hari lalu di Tepi Barat. Netanyahu turut menyampaikan belasungkawa bagi mereka yang tewas dalam serangan bom di Istanbul.

“Kedua pemimpin sepakat untuk bekerja sama untuk menciptakan era baru dalam hubungan antara Turki dan Israel,” kata Partai Likud Netanyahu dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa mereka membahas bagaimana memperkuat hubungan ekonomi dan diplomatik.

Seruan itu datang di tengah mencairnya hubungan yang telah lama tegang antara Turki dan Israel. Presiden Israel Isaac Herzog mengunjungi Ankara tahun ini dalam kunjungan pertama ke Turki oleh seorang pemimpin Israel sejak 2008.

Hubungan antara Israel dan Turki telah tegang selama lebih dari satu dekade. Ankara mengusir duta besar Israel setelah serangan Israel tahun 2010 di sebuah kapal bantuan ke Gaza yang menewaskan 10 warga Turki.

Hubungan diplomatik dipulihkan pada 2016, tetapi dua tahun kemudian Turki menarik kembali para diplomatnya dari Israel dan mengusir utusan Israel ketika pasukan Israel membunuh sejumlah warga Palestina yang ikut serta dalam protes di Jalur Gaza. Di tahun 2022 ini kedua negara kembali saling menunjuk duta besar. (berbagai sumber)

Latest Articles

Comments