Empat Zikir yang Dicintai Allah, Apa Saja?

Alfatih-media.com-Zikir adalah salah satu jalan kebahagiaan untuk merengkuh kemenangan, ketentraman dan kesembuhan jiwa. Seseorang yang berzikir akan merasakan kedekatan dengan Tuhan, teduh dalam naungan-Nya, dan hangat dalam dekapan-Nya. Zikir dapat menyingkirkan kecemasan, ketakutan dan juga kegaduhan. Jiwa akan kembali tenang dan ringan saat menghadapi persolanan hidup dengan tidak melupakan zaikir.. Dalam Al Qur’an dsebutkan:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Zikir adalah makanan jiwa yang harus dikonsumsi setiap hari. Tanpa zikir, jiwa akan melemah, semangat mengendur, cita-cita menjadi pendek, dan rendah. Ada kelezatan dan ketenangan dalam zikir yang tidak dimiliki oleh amalan lainnya. Rasulullah dalam hadisnya menyebutkan bahwa ada empat zikir yang paling dicintai oleh Allah. Empat yang dicintai tersebut adalah Subhanallah, Alhamdulillah, Laailahaillah, dan Allahu Akbar. Keterangan tersebut berdasarkan hadis dari Samurah bin Jundub yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَحَبُّ الْكَلاَمِ إِلَى اللَّهِ أَرْبَعٌ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ

لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ. لاَ يَضُرُّكَ بَأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ

Dari Samurah bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah: 1. Subhanallah, 2. Alhamdulillah, 3. Laa ilaaha illallah, dan 4.  Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai (HR. Muslim).

Empat kalimat yang baik (al-kalimah at-thayyibah) tersebut banyak mendatangkan manfaat apabila dilanggengkan menjadi zikir harian atau zikir yang sering dibaca tiap waktu. Allah akan menghapus dosa-dosa seorang muslim yang tidak lepas lisannya dalam mengucapkan syair terindah yang pernah ada dimuka bumi tersebut. Meski dosa yang dipunya oleh muslim tersebut sebanyak biji di lautan.

Zikir tentunya menjadi ibadah jiwa yang senantiasa hadir dalam detik, menit, jam, hari, minggu, dan taun hingga kematian menjemput. Empat zikir yang dicintai Allah tersebut bisa dibaca dalam keadaan apapun, baik duduk, berdiri, atupun terlentang. Semakin banyak berzikir dengan kalimat yang teamat dicintai Allah itu, maka semakin banyak pula cinta dan rahmat Allah yang dianugerahkan . (sumber:BincangSyariah.Com)

 

 

Latest Articles

Comments