Dua Tanda Kebaikan Seorang Muslim

Alfatih-media.com-Untuk mengetahui beberapa kebaikan dalam pribadi seorang muslim, kita tidak saja melihat apa yang ia pakai atau apa yang ia punya. Menurut Imam Adz-Dzhabi, ada dua tanda yang bisa mencerminkan suatu kebaikan dalam pribadi seorang  muslim. Dua tanda kebaikan tersebut adalah shalat dan lisan. Dalam karyanya, Siyar A’lamin Nubala, disebutkan:

خصلتان إذا صلحتا من العبد صلح ما سواهما: صلاته ولسانه

“Dua hal dari seorang hamba yang apabila keduanya baik, baik pula hal-hal lainnya: shalatnya dan lisannya.”

Shalat adalah menjadi tanda pertama dalam kebaikan seorang muslim. Banyak orang mengetahui bahwa shalat adalah amalan yang pertama kali dihisab, namun masih ada saja yang rela meninggalkan shalat karena satu alasan atau lainnya.

Seorang muslim yang baik akan berlomba-lomba untuk mengerjakan shalat dengan sebaik-baiknya, karena ia tahu bahwa shalat adalah rukun Islam yang menjadi tiang agama dan kelak akan diperhitungkan kali pertama.

Tidak cukup itu saja, seorang muslim yang baik memahami bahwa shalat juga merupakan penentu amalan seseorang yang bisa dinilai baik atau buruknya. Yang demikian berdasarkan hadis Nabi, dari Abu Hurairah. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ

وَخَسَرَ فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ تَبَارَكَ وَتَعَالَى : انَظَرُوْا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ؟ فَيُكْمَلُ بِهَا مَا

انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ثُمَّ يَكُوْنُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ

Sesungguhnya amal seorang hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Bila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Bila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala  mengatakan, ’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.” (HR Abu Daud).

Adapun tanda kebaikan kedua dari seorang muslim adalah lisannya. Meski lisan adalah angggota tubuh manusia yang kecil, namun ia adalah juga penentu baik buruknya seorang muslim. Allah menciptakan dua telinga dan satu lidah agar manusia lebih banyak mendengar daripada berbicara.

Karenanya, Allah selalu mengingatkan manusia untuk berhati-hati dalam berbicara. Karena setiap yang terucap pasti ada pertanggung jawabannya. Lisan memang bisa mendatangkan manfaat, namun tak jarang juga lisan kerap menyisakan luka. Tergantung bagaimana lisan digunakan. Oleh sebab itu, lisan yang terjaga akan membawanya pada jalan kebaikan dan keselamatan. Rasulullah Bersabda:

سلامة الإنسان في حفظ اللسان

“Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan.” (HR Bukhari)

Setelah mengerti bahwa dua tanda kebaikan dalam sosok muslim adalah shalat dan lisan, baik kiranya jika kita lebih menjaga lagi akan terjaganya shalat yang wajib dan lisan yang tak lagi menyisakan luka. Dengan demikian, secara tidak langsung kita telah berinvestasi sebuah kebaikan pada diri sendiri. (sumber:BincangSyariah.com)

Latest Articles

Comments