Dosen Kebidanan IKH Medan Sosialisasikan Pencegahan Gizi Kurang Pada Remaja

Alfatih-media.com-Dalam rangka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Dosen Institut Kesehatan helvetia (IKH) Medan mensosialisasikan tentang pencegahan gizi kurang pada remaja di SMP Perguruan Islam Amanah Medan, Kelurahan Helvetia Tengah, Kecamatan Medan Helvetia, Medan.

Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan tinggi dosen yang bemanfaat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama remaja serta dapat menambah pengetahuan bagi remaja tentang seputar masalah kesehatan khususnya masalah gizi kurang.

Sosialisasi ini diketuai oleh Nurul Mouliza., SST., M.K.M. Ia didampingi anggotanya yakni, Ramadhani Syafitri Nst, SST, M.K.M serta Debby Pratiwi,SST.,MKM selaku anggota serta beberapa orang mahasiswa dari Prodi D4 Kebidanan. Pengabdian masyarakat ini mengusung tema “Pencegahan  Masalah Gizi Kurang Pada Remaja Di SMP Perguruan Islam Amanah tahun 2021.

“Ada sekitar 20an remaja putri yang mengikuti sosialisasi ini. Sosialisasi dibuka oleh ibu Dian S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Amanah. Kegiatan dilakukan dengan memberikan penyuluhan berupa edukasi tentang gizi kurang serta gizi seimbang pada remaja. Kami melihat, para remaja yang mengikuti kegiatan ini sangat berantusias dalam mendengarkan dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan. Karena, banyak pertanyaan dan respon yang baik selama kegiatan berlangsung,” jelas Nurul Mouliza.

Dijelaskan Nurul, pemberian pendidikan kesehatan yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik kedepannya bagi kesehatan remaja. Nantinya, hasil dari kegiatan ini yaitu para remaja mendapat pengetahuan baru mengenai gizi kurang dan menjaga asupan makanan yang mereka konsumsi sehingga nantinya diharapkan dapat mencegah terjadinya anemia bahkan stunting pada remaja dan hal ini juga dapat diterapkan kepada anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari.

“Kepala Sekolah dan dewan guru sangat mendukung pelaksanaan kegiatan inidan mereka mengusulkan agar kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan, karena sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan siswi dalam melakukan pencegahan terhadap anemia serta stunting pada remaja. Karena remaja harus mengetahui terkait makanan sehat dan bergizi,” ujarnya.

Nurul Mouliza., SST., M.K.M mengucapkan terima kasih atas kerjasama Kepala Sekolah SMP Perguruan Islam Amanah dan partisipasi dari seluruh peserta sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kita berharap, kedepannya kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin,” pungkasnya. (*)


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Latest Articles

Comments