Dosen Kebidanan IKH Edukasi Keuntungan Penggunaan Pemasangan Kontrasepsi IUD

Alfatih-media.com-Dosen Institut Kesehatan Helvetia (IKH) Medan memberikan edukasi mengenai keuntungan penggunaan dan gambaran tindakan pemasangan kontrasepsi IUD kepada ibu-ibu hamil dan yang memiliki balita  di Klinik Pratama Sunartik, jalan Sei Mencirim Dusun VII, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang.

Edukasi ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan tinggi dosen yang bemanfaat untuk meningkatka derajat kesehatan masyarakat serta dapat meningkatkan tingkat pemakaian KB IUD sebagai tindakan preventif terutama bagi wanita dengan resiko. Pendidikan/konseling KB yang dilakukan akan signifikan dalam mengunggah kesadaran masyarakat untuk ber-KB.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketua Indah Dewi Sari., SST., M.Kes didampingi anggotanya yakni, Utary Dwi Listiarini, SST., M.Kes sertabeberapa orang mahasiswa dari Pprogram studi  D4 Kebidanan.

Ketua Tim, Dewi Sari mengatakan, peserta yang hadir tampak antusias mendengarkan dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan dan respon yang baik selama kegiatan berlangsung.

“Salah satu jawaban respon dan tidak mau menggunakan KB IUD/AKDR mayoritas menjawab dikarenakan alasan malu dan takut karena dimasukkan kedalam rahim, dan kalau mau berhenti memakai IUD/AKDR harus dibuka ke petugas kesehatan lagi, sehingga dapat disimpulkan dengan pertanyaan tersebut, masih rendahnya pemgetahuan ibu tentang KB IUD/AKDR,” sebutnya.

Dia berharap, pendidikan kesehatan yang dilakukan ini dapat memberikan dampak yang baik kedepannya karena sikap dan pandangan negative yang beredar di masyarakat berkaitan dengan pengetahuan dan pendidikan mereka.

“Banyak mitos beranggapan tentang IUD akan mudah terlepas setelah dipasang jika ibu bekerja terlalu berat, dan dapat menimbulkan kemandulan dan lain sebagainya,”ucapnya.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan baik dari pemilki klinik, Sunartik., SST. Dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh dosen Institut Kesehatan Helvetia yang telah bersedia datang untuk memberikan edukasi kepada ibu balita dan ibu hamil. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Latest Articles

Comments