Dosen Kebidanan IKH Berikan Edukasi Pentingnya Senam Hamil dan Prenatal Yoga

Alfatih-media.com-Melalui kegiatan penyuluhan, dosen Institut Kesehatan helvetia (IKH) Medan memberikan edukas tentang pentingnya senam hamil dan prenatal yoga kepada ibu-ibu hamil di PBM Mardianum Jalan Seto Gang Karya Sama, Kelurahan Tegal Sari II Kecamatan Medan Area, Kota Medan.

Kegiatan penyuluhan yang dilakukan merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan tinggi dosen yang bemanfaat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang pentingnya senam hamil untuk mempercepat proses persalinan

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh Indah Dewi Sari., SST., M.Kes dan Dian Zuiatna , SST., M.Kes serta beberapa orang mahasiswa dari Prodi D4 Kebidanan dan Prodi Profesi Bidan. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan kesehatan dengan tema “Implementasi Senam dan Yoga untuk Peningkatan Kesejahteraan dan Mempercepat Proses Persalinan Ibu Hamil”.

Penyuluhan ini diikuti oleh belasan ibu-ibu hamil. Indah Dewi mengatakan, pemberian pendidikan kesehatan yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik kedepannya bagi kesehatan khususnya ibu hamil. Pentingnya mengikuti edukasi ini karena, senam hamil dan prenatal yoga merupakan gerakan- gerakan yang dilakukan ibu hamil sebagai olahraga ringan dan sederhana dan merupakan salah satu usaha  guna membantu ibu mengurangi rasa ketidaknyamanan selama kehamilan, selain itu senam hamil dan yoga juga merupakan suatu metode penting untuk mempertahankan atau memperbaiki keseimbangan fisik ibu hamil dan merupakan terapi latihan yang diberikan pada ibu hamil dengan tujuan mencapai persalinan yang cepat.

Hasil studi ditemukan bahwa ibu yang melakukan senam hamil dapat mempercepat persalinan kala I sebanyak 90 persen dan ibu yang tidak senama hamil sebesar 10 persen. Ibu yang melakukan senam hamil dapat mempercepat persalinan kala II sebesar 90 persen dan ibu yang tidak senam hamil sebesar 20 persen,” jelasnya.

Bidan Hanum AM.Keb selaku pemilik PBM menyambut baik penyuluhan tersebut. Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh dosen Institut Kesehatan Helvetia yang telah bersedia datang untuk memberikan edukasi kepada  seluruh ibu hamil yang berkunjung untuk mengukuti penyuluhan dan mengikuti kegiatan senam yoga. (*)

Latest Articles

Comments