Doa Setelah Menguburkan Jenazah

Alfatih-media.com-Mengantar jenazah hingga menguburkannya termasuk sunah Nabi. Selain menghibur keluarga jenazah, kita juga dapat membantu prosesi pemakaman hingga selesai. Selain itu, semua prosesi tersebut dianjurkan membaca zikiran dan doa-doa tertentu, termasuk setelah selesai memakamkannya. Hal ini sebagaimana hadis riwayat Usman bin Affan yang berkata.

كان النبي صلى الله ‏عليه وسلم إذا فرغ من دفن الميت وقف عليه وقال: استغفروا لأخيكم، وسلوا له ‏التثبيت،

فإنه الآن يسأل رواه أبو داود

Ketika sudah selesai menguburkan mayit, Nabi itu langsung berdiri, dan meminta para sahabatnya untuk beristigfar untuk mayit dan memohonkan dikuatkan keimanannya agar mudah menjawab pertanyaan Munkar-Nakir (HR Abu Daud).

Adapun di antara doa yang dibaca Rasulullah saw. saat berdiri setelah memakamkan jenazah sebagaimana riwayat dari Ibnu Masud adalah sebagai berikut.

عن ابن مسعود أن النبي صلى الله عليه وسلم ‏كان يقف على القبر بعدما ما يسوى عليه، فيقول اللهم نزل بك

صاحبنا، وخلف الدنيا ‏خلف ظهره، اللهم ثبت عند المسألة منطقه، ولا تبتله في قبره بما لا طاقة له به رواه

سعيد ‏في سننه

Diriwayatkan dari Ibnu Masud yang mendengar bahwa Nabi saw. itu berdiri menghadap kuburan setelah usai memakamkan jenazah. Rasulullah saw. berdoa.

اللهم نزل بك صاحبنا، وخلف الدنيا ‏خلف ظهره، اللهم ثبت عند المسألة منطقه، ولا تبتله في قبره بما لا طاقة

له به

Allohumma nazzil bika shohibana, wa khollif ad-dunya kholfa zhohrihi. Allohumma tsabbit ‘indal mas’alah manthiqohu, wa la tabtalihi fi qobrihi bima la thoqoto lahu bih.

Ya Allah, turunkanlah rahmat-Mu untuk sahabat kami, tinggalkanlah dunia di belakang pundaknya. Ya Allah, perkuatkanlah lisannya saat pertanyaan Munkar-Nakir, dan janganlah ia diuji dengan sesuatu yang ia tidak mampu (HR Sa‘id).

Oleh karena sangat beratnya cobaan di alam kubur, ulama menganjurkan orang-orang yang hidup untuk menalkin atau menuntun mayit mengenai pertanyaan-pertanyaan alam kubur yang akan ditanyakan kepadanya. Hal ini mudah-mudahan dapat membantu meringankannya untuk menjawab pertanyaan kedua malaikat yang sangat menyeramkan. Wallahualam. (sumber:BincangSyariah.com)

Latest Articles

Comments