Doa Semut Ketika Minta Hujan di Zaman Nabi Sulaiman

Alfatih-media.com-Dalam banyak kitab dikisahkan, di antaranya disebutkan dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir, bahwa suatu ketika kerajaan Nabi Sulaiman dilanda musim kering yang demikian panjang. Kering panjang itu membuat hawa panas, dan pohon-pohon enggan untuk menumbuhkan buah dan daun-daunnya. Kekeringan demikian melanda dan tidak pernah terjadi seperti itu selama Nabi Sulaiman memerintah bersama kaumnya.

Kemudian Nabi Sulaiman mulai didatangi rakyatnya, mereka memohon kepada Nabi Sulaiman agar ia berkenan berdoa kepada Allah supaya hujan turun dan mengobati dahaga kekeringan yang terjadi.

Merespon permintaan ini, Nabi Sulaiman memerintahkan satu rombongan besar dari pengikutnya yang terdiri dari bangsa jin dan manusia untuk berkumpul di lapangan dalam rangka berdoa memohon kepada Allah agar musim kering segera berakhir dan hujan segera turun.

Setelah mereka sampai di lapangan, Nabi Sulaiman melihat seekor semut kecil berada di atas sebuah batu. Semut itu berbaring kepanasan dan kehausan. Nabi Sulaiman kemudian mendengar semut tersebut mulai berdoa memohon kepada Allah agar diturunkan hujan. Ia berdoa;

اللهم إنَّا خلق من خلقك ولا غني لنا عن رزقك فأنزل علينا غيثك ولا تؤاخذنا بذنوب عبادك

Ya Allah, sesungguhnya kami salah satu dari makhluk-Mu. Kami sangat membutuhkan rezeki-Mu. Mohon turunkanlah kepada kami hujan-Mu, dan jangan hukum kami dengan dosa-dosa hamba-hamba-Mu.

Mendengar doa semut itu, Nabi Sulaiman segera memerintahkan pasukannya untuk pulang ke kerajaan seraya berkata kepada mereka;

إرجعوا فقد استُجِيب لكم بدعاء غيركم

Kalian kembalilah, sungguh telah dikabulkan untuk kalian doa (meminta hujan yang dipanjatkan) oleh selain kalian.

Dalam riwayat lain, Nabi Sulaiman berkata;

إرجعوا فقد سُقيتم إن هذه النملة استسقت فاستجيب لها

Kalian pulanglah, sungguh telah ada yang memintakan hujan untuk kalian. Sesungguhnya semut ini telah berdoa meminta hujan, kemudian doanya dikabulkan.

Kemudian Nabi Sulaiman dan rombongannya pulang ke kerajaan, dan hujan pun deras turun berkat doa semut. (sumber:BincangSyariah.com)

Latest Articles

Comments