Doa Memohonkan Ampunan untuk Para Jemaah Haji

Alfatih-media.com-Ketika ada keluarga, atau kerabat, atau tetangga kita yang hendak berangkat haji, kita selalu mendoakan mereka agar diberi keselamatan lahir batin, diberi kelancaran dalam proses melaksanakan ibadah haji, mendapatkan predikat haji mabrur, dan doa-doa lainnya.

Selain doa-doa di atas, kita juga perlu mendoakan para jemaah haji agar mereka diampuni dosa-dosa dan kesalahannya. Kita dianjurkan untuk memohonkan ampunan untuk para jemaah haji. Adapun teks doa memohonkan ampunan untuk para jemaah haji adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْحَاجِ وَلِمَنْ اسْتَغْفَرَ لَهُ الْحَاجُ

Allahummaghfir lil haji wa liman istaghfara lahul hajju

Ya Allah, ampunilah orang-orang yang beribadah haji serta orang-orang yang dimohonkan  ampun oleh orang-orang berhaji.

Doa ini disebutkan oleh Imam Nawawi dalam Al-Adzkar berdasarkan sebuah hadis riwayat Imam Al-Baihaqi dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Rasulullah Saw pernah berdoa;

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْحَاجِ وَلِمَنْ اسْتَغْفَرَ لَهُ الْحَاجُ

Allahummaghfir lil haji wa liman istaghfara lahul hajju

Ya Allah, ampunilah orang-orang yang beribadah haji serta orang-orang yang dimohonkan ampunkan ampunan oleh prang-orang haji.

Doa ini boleh kita panjatkan pada saat mengantarkan keberangkatan para jemaah haji, pada saat jemaah haji sedang melaksanakan ibadah haji di Baitullah, dan juga pada saat jemaah haji pulang ke tanah air dan kediamannya. (sumber:BincangSyariag.com)

Latest Articles

Comments