Doa Memohon Perlindungan Agar Musibah Tidak Datang Tiba-tiba

Alfatih-media.com-Kehendak Allah adalah awal dari terjadinya segala sesuatu. Jika kita melihat segala kejadian yang berhubungan dengan takdir, maka kita akan yakin bahwa kita tidak bisa berbuat sesuatu apa pun, kecuali jika dikehendaki oleh Allah. Bahkan adakalanya kita telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sempurna, dan kita yakin bahwa kita dapat melaksanakannya dengan baik, akan tetapi akhirnya kita melihat sesuatu yang bertentangan dengan kehendak kita itu.

Begitupun dengan hal-hal yang sebenarnya kita tidak menyiapkan sedikitpun untuk segala sesuatunya, namun Allah takdirkan terjadi. Musibah yang digariskan misalnya.  Kehadiran musibah tersebut tentu bukanlah hal yang kita ditunggu, namun Allah berekehendak untuk menurunkannya secara tiba-tiba. Suka atau tidak, kita tentu akan menghadapi apapun yang terjadi. Begitula ulasan QS Al Insan ayat 30:

وَمَا تَشَاءُونَ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا

Dan kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali bila dikehendaki Allah. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana

Di sinilah peran doa sangat penting untuk setiap manusia. Kehidupan yang kian tak menentu cuacanya, menyebabkan beberapa ahli kesulitan untuk mendeteksi beberapa kemungkinan yang akan terjadi. Memohon perlindungan kepada Allah tentu bukanlah suatu hal yang sia-sia. Termasuk memohon kesalamatan dari berbagai bencana yang datangnya tiba-tiba dan tak menentu.

Jika kita memohon perlindungan kepada Allah, tentu Allah tidak akan menelantarkan kita, sebab Allah adalah tempat berlindung terbaik. Rasulullah mengajarkan sebuah doa yang bisa dijadikan sebuah rangkaian doa untuk memohon perlindungan agar  selamat musibah tak datang tiba-tiba. Doa yang diriwayatkan oleh Imam Muslim adalah sebagai berikut:

كَانَ مِن دُعَاءِ رسُولِ الله – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوالِ نِعْمَتِكَ، وتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وفُجَاءةِ

نِقْمَتِكَ ، وَجَميْعِ سَخَطِكَ

 “Di antara doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu ‘Allahumma innii a’uudzu bika min zawaali ni’matik, wa tahawwuli ‘afiyatik, wa fujaa’ati ni’matik, wa jamii’i sakhothik’ (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu) (HR. Muslim)

Dalam Syarh kitab Bulughul Maram disebutkan bahwa maksud dari siksa yang tiba-tiba itu adalah bencana dan musibah yang tiba-tiba datang. Bencana dan musibah yang seperti itu lebih gawat daripada yang datang dengan tidak tiba-tiba. Melalui doa tesebut, semoga kita termasuk dari orang-orang yang Allah selamatkan dari setiap msuibah yang datangnya tiba-tiba. (sumber:BincangSyariah.com)

 

Latest Articles

Comments