Doa Ali bin Abi Thalib Setiap Pagi dan Sore

Alfatih-media.com-Imam al-Ghazali dalam karyanya Ihya’ ‘Ulumuddin, membuat satu bab di dalamnya berisi doa-doa yang biasa dibaca para Nabi dan para Ulama setiap pagi, sore, atau setiap waktu shalat. Salah satunya adalah doa yang dibaca oleh Ali bin Abi Thalib setiap pagi dan sore. Dalam penjelasan al-Ghazali, doa ini memiliki keutamaan dimana siapa yang membacanya setiap hari, akan dicatat sebagai orang-orang yang shalat dan khusyuk, seperti layaknya orang yang berdialog dengan Nabi Muhammad, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan seluruh Nabi lainnya di akhirat kelak. Ia juga akan mendapatkan pahala hamba-hamba di seluruh langit dan bumi.

Doa yang dibaca sebenarnya merupakan ungkapan Allah yang memuji diri-Nya setiap hari. Kemudian, jika kita ingin membacanya maka kita mengganti lafaz anaa yang berarti saya dalam ungkapan tersebut menjadi anta yang berarti Engkau (ditujukan pada Allah). Doanya adalah sebagai berikut,

إنك أنت الله رب العالمين إنك أنت الله لا إله إلا أنت الحيّ القيّوم، إنّك أنت الله لا إله إلا أنت العلي العظيم،

إنك أنت أنت الله لا إله إلا أنت لم تلد ولم تولد، أنت الله لا إله إلا أنت العفو الغفور، إنك أنت الله لا إله إلا

أنت مبدئ كل شيء وإليك يعود، العزيز الحكيم الرحمن الرحيم مالك يوم الدين، خالق الخير والشرّ، خالق

الجنة والنار، الواحد الأحد الفرد الصمد الذي لم تتخذ صاحبة ولا ولدا، الفرد الوتر عالم الغيب والشهادة

لملك القدوس السلام المؤمن المهيمن العزيز الجبار المتكبر الخالق البارئ المصوّر  الكبير المتعال المقتدر القهار

الحليم الكريم أهل الثناء والمجد وأخفى القادر الرزاق فوق الخلق والخليقة

Allah, Sungguh Engkau adalah Tuhan Semesta Alam. Sungguh, tiada Tuhan selain Engkau Yang Maha Hidup lagi Maha Berkuasa. Sungguh, Ya Allah, Engkau tiada Tuhan Selain-Mu Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Engkau, Ya Allah, sungguh tiada Tuhan Selain Engkau, Yang Tidak Beranak dan Diperanakkan. Engkau Ya Allah, tiada Tuhan selain Engkau, Yang Maha Pemaaf nan Maha Pengampun.

Engkau Ya Allah, tiada Tuhan selain Engkau, Yang Maha Memulai segala sesuatu dan semuanya kembali pada Engkau. Engkau Maha Perkasa, Maha Bijaksana, Maha Pengasih, Maha Penyayang, Penguasa hari akhir.  Engkau Pencipta baik dan buruk, neraka dan surga. Engkau Maha Esa, Tunggal, Engkau Maha Menjadi Tempat Bergantung, yang tidak membutuhkan relasi ataupun keturunan.

Engkau Maha Esa, Mengetahui yang gaib dan yang terlihat. Engkau Raja yang Maha Suci, Maha Sempurna, Maha Pemberi Keamanan, Maha Menjadi Pelindungi, Maha Perkasa, Maha Kuasa, Maha Menyombongkan Diri, Pencipta, Maha Terbebas dari Kebutuhan (terhadap yang lain), Maha Menciptakan Sesuatu lagi Menata ciptaan-Nya dengan sangat luar biasa. Engkau Maha Besar, Maha Tinggi, Maha Berkuasa terhadap segala sesuatu, Maha Memaksa, Maha Halus lagi Maha Memuliakan para pemuji dan penyanjung-Mu.

Engkau Yang Paling Mengetahui rahasia. Engkau Yang Maha Menakdirkan lagi Maha pemberi rezeki yang paling tersembunyi, diatas segala-gala ciptaan-Mu. (sumber:BincangSyariah.com)

 

Latest Articles

Comments