Doa Agar Dijauhkan dari Penyakit Kulit

Alfatih-media.com- Berdoa kepada Allah dan berlindung dari buruknya berbagai penyakit yang akan datang di masa depan adalah bentuk investasi yang terus memberikan cuan terbaiknya. Sebelum penyakit itu datang menguji, kita sudah memohon sebuah perlindungan kepada Allah dengan sebaik-baik perlindungan.

Tidak ada orang yang merasa aman dari ujian Allah kecuali orang yang merugi. Sebab ujian bisa datang kapan saja dan dalam bentuk apa saja. Termasuk datangnya ujian dan siksaan yang bukan berasal dari perbuatan kita, melainkan orang lain, namun kita harus terkena  getahnya juga. Sebab itulah Allah mengingatkan hamba-Nya dalam QS Al Anfal ayat 25:

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allâh amat keras siksaan-Nya.” 

Dari peringatan tersebut, kita perlu untuk terus berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah dari semua keburukan, termasuk keburukan yang berupa penyakit kulit, lepra, dan penyakit buruk lainnya.  Penyakit lepra lebih dikenal dengan Morbus Hansen atau kusta. Sebuah infeksi kulit kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. 

Lepra termasuk penyakit tertua dalam sejarah, dikenal sejak tahun 1400 sebelum masehi. Infeksi ini menyerang saraf tepi dan kulit, kemudian saluran pernapasan atas, dan bisa juga menyerang organ lain kecuali otak. Jika sistem kekebalan tubuhnya tidak kuat, maka akan menyebabkan gejala-gejala buruk lainnya.

Penyakit yang serius seperti itu tentu tidak diharapkan untuk hadir dalam warna-warni kehidupan. Sebab itu perlu kiranya kita meminta pertolongan Allah untuk dijauhkan dari penyakit kulit, lepra, dan penyakit buruk lainnya. Dalam kitab Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi, Rasulullah pernah berdoa kepada Allah untuk memohon perlindungan seperti itu. Diceritakan dari sahabat Anas bahwa doa perlindungan tersebut adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَام.

Allahumma innii ‘auudzu bika minal barashi wal junuuni wal judzaami wa sayyi’il asqam”

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit yang jelek lainnya.  (HR. Abu Daud). (sumber:BincangSyariah.com)

 

 

Latest Articles

Comments