Daun Kelor, Asupan Makanan Bergizi Untuk Tingkatkan Kesehatan Anak

MEDAN (alfatih-media.com)-Masyarakat yang memiliki balita diedukasi dan diberikan pemahaman tentang pentingnya asupan makanan yang bergizi bagi anak. Sehingga dapat meningkatkan kesehatan, pertumbuhan serta kecerdasan anak.

Sosialisasi dan simulasi pembuatan makanan tambahan bagi balita ini merupakan program pengabdian Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan dan mahasiswa yang diketuai Novy Ramini Harahap, SST, M.Keb dengan anggota Mila Syari, SST, M.Keb, Dian Zuiatna SST, M.Kes dan Nur Azmi Nasution beserta tim lainnya.

"Bayi membutuhkan nutrisi yang lengkap, nutrisi tersebut dapat diperoleh dari ASI, disamping itu bayi juga membutuhkan makanan tambahan. Makanan tambahan yang bagus untuk bayi adalah daun kelor, karena memiliki asam amino esensial yang memiliki banyak fungsi bagi tubuh," ujar Novy Ramini Harahap, SST.M. Keb dalam keterangannya, Senin (28/9).

Disebutkannya, pengabdian yang dilakukan digelar di Rumah Bersalin Salbiah Hanum Jalan Yos Sudarso di kawasan Tanjung Mulia tersebut, memanfaatkan daun kelor.

Dalam sosialisasi tersebut tidak hanya dipaparkan manfaat dan kandungan daun kelor. Namun, juga dirangkai dengan cooking class membuat makanan tambahan seperti nugget ayam dengan fortifikasi daun kelor.

Novy menyebutkan, daun kelor ini memiliki manfaat bagi tubuh, seperti mengembangkan struktur sel yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan aktivitasnya. Selain itu, daun kelor juga memiliki banyak kandungan nutrisi penting bagi perkembangan bayi, diantaranya untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, kuman, dan virus, serta menjaga kesehatan jantung bayi.

Mila Syari, SST menambahkan, daun kelor ini juga bisa meningkatkan kemampuan belajar serta ingatan bayi karena efek nootrofik atau perangsang otak. Kreasi dalam mengolah makanan ini, diharapkan bisa membantu ibu-ibu yang kesulitan memberikan makanan sayur kepada anaknya. 

Nugget misalnya sambungnya,  merupakan makanan yang disukai anak anak ditambahkan dengan daun kelor yang mudah didapatkan, dapat meningkatkan gizi para balita dan menjaga kesehatannya. 

"Cemilan yang sehat untuk balita dan anak diharapkan dapat membantu pertumbuhan dan kecerdasannya," ujarnya. (ef/foto:ist)

   

Latest Articles

Comments