Cetak Sejarah, Muslimah Ini Jadi Anggota Senat Negara Bagian Virginia

Alfatih-media.com-Ghazala Hashmi membuat sejarah setelah terpilih sebagai Senator Muslim-Amerika pertama di Negara Bagian Virginia pada Selasa, (05/11/2019) lalu. Hashmi menggeser Glen Sturtevant (R) untuk mewakili Distrik Senat ke-10 negara bagian, yang meliputi Wilayah Powhatan dan bagian-bagian dari Wilayah Chesterfield dan Richmond.

“Kemenangan ini bukan milikku sendiri. Itu milik Anda semua yang percaya bahwa kami perlu melakukan perubahan progresif di sini di Virginia. Untuk Anda semua yang merasa bahwa Anda belum memiliki suara dan percaya pada saya untuk menjadi milik Anda di Majelis Umum," ujarnya seperti dilansir dari publikasi The Hill, Kamis (7/11/2019).

Sebelumnya, Hashmi berimigrasi ke AS dari India sebagai seorang anak dan 2019 menandai kampanye pertamanya untuk jabatan publik.

“Hari ini kami mengirim pesan bahwa status quo tidak lagi diterima. Terima kasih semua atas dukungan dan semangat Anda dalam membantu saya menjadi Senator negara bagian berikutnya untuk Distrik 10 Virginia! Saya tidak bisa lebih terhormat untuk terpisah dari perubahan yang akan terjadi untuk Virginia,” tulis Hashmi di akun Twitternya.

Kampanye Hashmi sendiri menyentuh isu-isu kekerasan senjata dan pendidikan. Selain itu, dia adalah pendukung proposal pra-taman kanak-kanak universal Gubernur Ralph Northam. Setelah terpilih, ia ingin melanjutkan perjuangan untuk hak-hak warga Virginia.

Tahun ini, Partai Demokrat di Negara Bagian berhasil membalikan keseimbangan kekuasaan di legislatif setelah gagal pada 2017 lalu.

“Setelah membalik Senat, saya mewakili Demokrat di sisi saya untuk berjuang melindungi warga Virgin dari krisis iklim dan kekerasan senjata yang tidak masuk akal dan bekerja untuk memperluas akses kami ke perawatan kesehatan yang terjangkau dan pendanaan untuk pendidikan publik. Saya tidak sabar untuk bekerja sama di Senat negara bagian," tambahnya.

Sebelumnya, sejumlah wanita Muslim telah membuat prestasi di lingkaran politik Amerika. Sebagai contoh, Zulfat Suara membuat sejarah pada bulan September setelah menjadi Muslim pertama yang terpilih untuk kursi Metro di Nashville, meskipun menghadapi banyak komentar dan ancaman Islamophobia.

Selain itu, ada juga pada tahun 2018, Ilhan Omar terpilih sebagai anggota Kongres Amerika-Amerika (dan jilbab!) Pertama di AS. Selain itu, Rashida Tlaib, seorang anggota Kongres Palestina-Amerika, juga terpilih untuk mewakili distrik kongres ke-13 Michigan.

Movita Johnson-Harrell membuat sejarah Maret lalu setelah memenangkan pemilihan khusus yang diperebutkan untuk kursi Distrik 190, menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih sebagai wakil negara di Pennsylvania. (thehill/aboutislam/gm/ef/foto:ist)

Latest Articles

Comments