Cegah KDRT, FH Universitas Dharmawangsa Sosialisasi Di Tingkat Desa

MEDAN (alfatih-media.com)-Fakultas Hukum Universitas Dharmawangsa mensosialisasikan upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di tingkat desa, tepatnya pada kelompok kader PKK Desa Candirejo Kecamatan Sibiru-biru, Deli Serdang, di aula Candirejo, Rabu (12/12) lalu.

Kepala Desa Candirejo, Suritono sebagai Pembina organ PKK Desa mengaku, senang dengan kegiatan yang dilakukan mahasiswa mahsiswi dari Fakultas Hukum Universitas Dharmawangsa. Dia berharap, dari kegiatan itu masyarakat yang hadir dapat memanfaatkan ilmu yang diberikan.

“Saya berharap, kiranya para kader PKK mampu memetik dan memahami proses penanganan permasalahan di masyarakat nantinya, karena kader PKK akan bersentuhan dengan masyarakat khusunya tentang persoalan konflik-konflik rumah tangga dilingkungannya,”katanya.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Dharmawangsa, Ayu Trisna Dewi, SH. M.Kn menyebutkan, kegiatan ini merupakan bukti tanggung jawab Fakultas Hukum Universitas Dharmawangsa dalam melaksankan Tri Dharma perguruan Tinggi. Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu usaha kampus untuk memberikan pemahaman dan upaya penyadaran hukum yang dalam hal ini mengambil thema pencegahan terhadap penanganan kekerasan dalam rumah tangga.

“Tanggung jawab Kampus tidak hanya sebatas dunia pendidikan semata, tapi juga berperan aktif dalam pemecahan permasalahan di masyarakat. Kali ini kita memilih desa Candirejo sebagai tempat pengabdian,”sebutnya.

Selain peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat khususnya Kader PKK Desa Candirejo, tambah Rina Melati Sitompul, SH. MH selaku dosen pendamping, tujuan pengabdian tersebut juga menjadi bagian pra persiapan mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan ini, untuk melatih kemampuan mereka sebagai penyambung pesan dan penyampai aspirasi atas ilmu yang telah dipelajari dari kampus. Pemikiran yang telah diperoleh nantinya tenatunya harus diteruskan kepada masyarakat dalam mendorong peningkatan kesadaran masyarakat.

Sementara itu, Ketua PKK Kecamatan Sibiru-biru, Rahimah Angkat berharap, kegiatan-kegiatan pengabdian yang diselenggarakan tidak berhenti sampai dikegiatan sosialisasi tersebut, tapi bisa berkelanjutan.

“Kita berharap, kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan di desa-desa lain di wilayah Sibiru-biru. Karena upaya pencegahan konflik rumah tangga tersebut sangat dibutuhkan setiap kader PKK dalam mengantisipasi persoalan rumah tangga masyarakat khususnya kader sendiri,”ujarnya. (ef)

 

Latest Articles

Comments