Atasi Genangan Air Di Medan Timur, Balitbang Bentuk Tim Pokja

MEDAN (alfatih-media.com)-Untuk meningkatkan mutu dan kualitas infrastruktur di Kota Medan, Pemko Medan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menggelar Rapat Koordinasi Tim Kelompok Kerja (Pokja) Jaringan Penelitian dan Pengembangan Bidang Infrastruktur di Balai Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Kamis (12/9). Tujuannya untuk membahas sekaligus merumuskan kajian fokus penelitian yang tepat untuk diterapkan guna menjadikan infrastruktur dan seluruh faktor pendukungnya menjadi lebih baik.

Kepala Balitbang Kota Medan Farid Wajedi saat memimpin rapat berharap, rapat tersebut dapat memberikan hasil signifikan, sehingga dapat digunakan menjadi rujukan serta pedoman bagi Pemko Medan dalam menangani berbagai permasalahan khususnya terkait infrastruktur di Kota Medan.

‘’Rapat ini menjadi bentuk konsistensi kita dalam menangani permasalahan infrastruktur di Kota Medan. Diharapkan, kepada seluruh pihak untuk memberikan kontribusinya dalam menyamakan persepsi untuk melakukan pembangunan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, setiap pekerjaan yang kita lakukan benar-benar terukur, terarah dan tidak sia-sia,’’ kata Farid Wajedi.

Farid mengungkapkan, rapat tersebut menekankan pembahasan tentang tata kelola permasalahan genangan air di Kota Medan. Namun, sebagai langkah awal, Farid memfokuskan pada dua kecamatan yang dianggap menghadapi urgensi dalam masalah genangan air yakni di Kecamatan Medan Timur tepatnya di Jalan Jawa (depan Center Point) dan Jalan Bunga Cempaka, Kecamatan Medan Selayang.   

‘’Setiap kecamatan nantinya akan kita lakukan pengkajian. Namun, untuk saat ini kita akan memfokuskan pada Kecamatan Medan Timur dan Kecamatan Medan Selayang. Jika masalah genangan air di wilayah tersebut dapat kita temukan solusinya, kami optimis hal serupa juga akan dapat kita lakukan di wilayah lainnya. Untuk itu, kami mohon kontribusi, partisipasi dan keseriusannya,’’ harapnya.

Sementara itu, Dr Kuswadi seorang akademisi yang bertindak sebagai Ketua Pokja mengungkapkan bahwa tujuan dibentuknya tim tersebut untuk mencari tahu akar masalah terjadinya genangan air di Kota Medan.

‘’Ini menjadi ebntuk kontribusi kami bagi Kota Medan. Namun, kami juga menyadari bahwa segala upaya dan langkah yang dilakukan tidak akan maksimal tanpa dukungan dan sinergitas serta koordinasi semua oihak. Untuk itu, kami mohon kerja samanya,’’ ajak Dr Kuswadi.

Pokja yang dibentuk Pemko Medan bersama para akademisi dan praktisi tersebut nantinya akan melakukan kajian dan penelitian. Setelah itu, hasil yang diperoleh akan dilaporkan kepada Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM untuk diteliti dan ditelaah untuk selanjutnya dibahas menjadi sebuah masukan, rujukan dan referensi dalam melakukan penanganan masalah genangan air di Kota Medan. (ef/foto:ist)

Latest Articles

Comments