Arab Saudi Umumkan Peluncuran Perusahaan Pengembang Soudah

Alfatih-media.com-Putra Mahkota Saudi dan Ketua Dana Investasi Publik (PIF), Mohammed bin Salman, pada Rabu (24/2) mengumumkan peluncuran Perusahaan Pengembang Soudah (Soudah Development Company/SDC) di wilayah Asir.

Entitas baru, yang sepenuhnya dimiliki oleh PIF, akan memimpin pengembangan destinasi pegunungan mewah dengan pengalaman budaya yang imersif. Ini akan menjadi perayaan aset alam yang memberdayakan ekonomi lokal dan nasional.

Diluncurkan untuk menjadi pendorong utama ambisi Visi 2030, SDC akan menanamkan SR11 miliar (3 miliar dollar AS) ke dalam proyek infrastruktur dan pariwisata, yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung di Soudah dan bagian dari provinsi Rijal Alma’a. Pembangunan yang direncanakan meliputi 2.700 kamar hotel, 1.300 unit hunian, dan 30 atraksi komersial dan hiburan.

SDC bertujuan untuk mengembangkan Soudah dan Rijal Alma’a menjadi tujuan berkelanjutan sepanjang tahun yang berulang bagi penduduk dan pengunjung yang akan menyumbangkan sekitar SR29 miliar ke PDB kumulatif Arab Saudi pada tahun 2030.

Perusahaan juga bermaksud untuk bermitra dan berkolaborasi dengan komunitas lokal dan sektor swasta untuk membangun jaringan yang kuat dan beragam penawaran sepanjang tahun di sektor perhotelan, perumahan, komersial dan hiburan.

Ini bertujuan untuk menarik lebih dari 2 juta pengunjung setiap tahun, menargetkan pencari petualangan dan wisatawan budaya yang mencari pengalaman. Juga diperkirakan akan menciptakan 8.000 pekerjaan permanen langsung dan tidak langsung pada tahun 2030.

“Investasi kami di wilayah Asir mencerminkan kepercayaan kami pada karakter lokasi, yang merupakan perpaduan yang kaya antara identitas, warisan, dan pengalaman,” kata Yasir Othman Al-Rumayyan, Gubernur PIF. “Melalui pengembangan yang hati-hati dan penuh perhatian, SDC akan menyediakan destinasi luar biasa lainnya dalam portofolio pengalaman Arab Saudi yang beragam dan terus berkembang yang menangkap imajinasi dari berbagai investor dan pelancong.”

Dana tersebut akan menyuntikkan setidaknya SR150 miliar setahun ke dalam ekonomi lokal dan bertujuan untuk menumbuhkan aset yang dikelola menjadi lebih dari SR7 triliun pada tahun 2030. Destinasi tersebut menambah dimensi lain pada tujuan pariwisata ambisius Arab Saudi, dan melengkapi destinasi yang dibuat di pantai Laut Merah dan di sekitar ibu kota Riyadh.

Menjaga integritas lingkungan dari destinasi akan menjadi prioritas SDC, dan pengembangannya akan mengikuti kerangka peraturan dan kode perencanaan kota yang ketat. (berbagai sumber)

Latest Articles

Comments