Arab Saudi Luncurkan Lima Proyek Energi Terbarukan

Alfatih-media.com-Arab Saudi meluncurkan lima proyek baru untuk menghasilkan listrik menggunakan energi terbarukan, dengan total kapasitas 3.300 megawatt, kantor berita SPA melaporkan, Minggu (25/9/2022). Proyek-proyek yang diluncurkan oleh Perusahaan Pengadaan Tenaga Saudi (SPPC) tersebut akan memproduksi listrik melalui matahari dan angin.

Sebagai anggota OPEC yang kaya raya, Arab Saudi berinvestasi dalam energi terbarukan dan bersih, serta menekankan pentingnya hidrokarbon untuk keamanan energi global pada saat meningkatnya seruan untuk beralih dari bahan bakar fosil.

Awal tahun lalu, Putra Mahkota Mohammed bin Salman meluncurkan rencana untuk kota nol karbon yang disebut “The Line” yang akan melapisi rumah, kantor, taman umum dan sekolah secara vertikal dalam fasad cermin yang membentang lebih dari 170 kilometer.

Jalur tersebut direncanakan akan selesai pada tahun 2025 dan akan berlokasi di daerah NEOM yang sedang dibangun di Provinsi Tabuk di sebelah barat laut negara tersebut. Inisiatif energi terbarukan negara itu muncul dari Visi Saudi 2030, sebuah rencana untuk mengurangi ketergantungan Arab Saudi pada minyak, mendiversifikasi ekonominya, dan mengembangkan sektor layanan publik. (berbagai sumber)

 

 

Latest Articles

Comments