Alquran dari Tahun 1579 Dipamerkan di Montenegro Bosnia

Alfatih-media.com-Pameran salinan Alquran yang berasal dari tahun 1579 diselenggarakan di Pljevlja, Bosnia pada peringatan 450 tahun pembangunan masjid bersejarah Hussein Pasha, Total Montenegro News melaporkan.

"Salinan ini sangat berharga karena merupakan salah satu contoh terbaik dari teks Al-Qur'an di wilayah Sandzak karena warnanya yang dihiasi dengan warna intens yang meliputi emas, hijau biru dan merah," jelas Jakub Durgut, Muazin masjid Bosniak.

Salinan Alquran dari pejabat Ottoman abad pertengahan Hussein Pasha Boljanic disimpan di masjid yang dibangun antara 1573 dan 1594, dan salinan tersebut dianggap sebagai salah satu manuskrip Alquran yang paling indah dari abad ke-16.

Durgut memberi tahu bahwa gambar salinan itu indah dan besar, dan ornamennya beragam. Buku ini di sampul kulit berukuran 39x28,5 cm dan ketebalan 15 cm. Beratnya sekitar lima kg.

“Dua halaman pertama secara khusus didekorasi dengan ornamen dengan warna-warna yang lebih cerah, di antaranya warna emas dan biru sangat ditonjolkan. Salinan bersejarah dibuat pada 1579 di mana teksnya dicetak dengan tinta hitam dalam 13 baris pada 233 halaman dan memiliki 352 miniatur yang dibuat di atas dasar emas,” jelasnya.

Muadzin memberi tahu bahwa salinan bersejarah itu tidak terpapar kepada pengunjung karena ketidakmampuan perlindungan yang memadai dan memohon kepada siapa saja yang dapat memberikan kontribusi mereka untuk menjaga perangkat seluler dengan cara yang benar.

 Di Masjid Bersejarah

Sehubungan dengan perayaan hari peringatan ke-450 masjid bersejarah, sebuah perangko dikeluarkan sebagai promosi untuk Yobel. Arsitek utama masjid diasumsikan sebagai pembangun terkenal Hajrudin yang merancang Jembatan Tua Mostar di Bosnia selatan.

Masjid ini memiliki panjang 17,2 meter, lebar 13,10, dan dindingnya setebal 112 cm yang terbuat dari batu berukir halus. Dengan arsitekturnya yang unik, Masjid Hussein Pasha mewakili bangunan yang unik dan menempati tempat yang menonjol di antara monumen-monumen seni Islam di wilayah Bosnia, Sandzak.

Menara setinggi 42 meter dianggap sebagai yang tertinggi di Balkan. Di atas pintu masuk adalah teras yang dipegang oleh empat pilar marmer dan ditutupi dengan tiga kubah besar. Bagian dalam masjid diterangi dengan 25 jendela, dan kubahnya dihiasi dengan gaya Arab.

Masjid ini ditutupi dengan karpet dari tahun 1573 - sebuah karya seni istimewa dan berharga yang dikirim Hussein Pasha dari Mesir di mana ia memerintah dan yang dikenal dengan industri tekstilnya yang bergengsi.

Pljevlja, tempat pameran telah berlangsung, adalah kota terbesar kedua di kawasan itu dengan 31.060 orang di mana mayoritas dari mereka adalah Muslim Bosniaks. (mn/dbs/gm/ef/foto: aboutislam)

Latest Articles

Comments