Adab Bertetangga Pada Bulan Ramadan

Alfatih-media.com-Bersikap baik terhadap tetangga sebenarnya bersifat mutlak, dalam artian tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Sehingga baik di bulan Ramadan maupun tidak, baik di kota maupun di desa, kewajiban berbuat baik terhadap tetangga tetap berlaku.

Dalilnya jelas bersumber dari sebuah hadis sahih riwayat al-Bukhari dan Muslim yang berbunyi, “barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya!”. Namun kalau mau dikhususkan pada bulan Ramadan, maka tentu adabnya lebih diarahkan sesuai dengan semangat yang diusung oleh bulan Ramadan itu sendiri, yaitu semangat kebersamaan, kepedulian terhadap sesama, serta saling hormat-menghormati.

Semangat itu bisa diwujudkan dengan menjaga komunikasi yang baik dengan mereka, saling berbagi makanan sahur ataupun berbuka (jika memungkinkan), serta tidak makan atau minum di hadapan mereka jika kebetulan kita tengah berhalangan untuk berpuasa. Cukup bagi kita mengamalkan hadis, “bukanlah seorang mukmin jika ia kenyang, sementara tetangganya sedang kelaparan”, (H.R. al-Hakim). Allahu A’lam. (sumber:BincangSyariah.Com)

 

Latest Articles

Comments