9.166 Mahasiswa Baru USU Dibekali Pengenalan Kampus

MEDAN (alfatih-media.com)-Sebanyak  9.166 mahasiswa baru mengikuti kegiatan  Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2019 di stadion mini USU, Senin (19/8/2019). Selain rektor USU, Prof Runtung Sitepu yang menyampaikan pidato, turut hadir juga Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, Komjen Pol Drs Heru Winarko, menyampaikan kuliah umum dihadapan mahasiswa baru.

Ke 9.166 mahasiswa baru itu terdiri dari, mahasiswa dari jalur SNMPTN sebanyak 2.508 orang, SBMPTN sebanyak 3.091 orang, SMM 2.278 orang, internasional 51 orang dan dari jalur SPMPD sebanyak 1.238 orang.

Dari jumlah itu, mahasiswa dari Fakultas Ilmu Budaya yang paling banyak yakni, 1.302 orang. Menyusul, Fakultas Teknik sebanyak 1.178 orang, MIPA 1.040 orang, Fakultas Pertanian 958 orang, ekonomi dan bisnis 951 orang, ISIP sebanyak 996 orang, Fakultas Hukum 618 orang, Fakulas Farmasi 279 orang, Ilkom TI 310 orang, kehutanan 230 orang, Psikologi 258 orang, kesehatan masyarakat 335 orang, kedokteran 260 orang, keperawatan 206 orang dan kedokteran gigi sebanyak 245 orang.

Hadir dalam kesempatan itu, para  wakil rektor, seperti, Wakil Rektor I, Prof. Rosmayati, Kepala Humas USU, Elvi Sumanti. Dalam pidatonya, Rektor USU, Prof Runtung Sitepu mengatakan, tercatat hingga wisuda gelombang III pada Mei 2019 lalu, USU telah melahirkan 210.132 orang alumni yang tersebar dalam berbagai bidang pekerjaan dan profesi,  berasal dari 15 Fakultas, 1 Sekolah Pasca Sarjana dan 156 Program Studi. Untuk status akreditasi Prodi,  USU telah menunjukkan peningkatan jumlah prodi yang berakreditasi A, sebanyak 68 prodi.

USU lanjutnya, juga memiliki Rumah Sakit Pendidikan dengan akreditasi paripurna bintang lima kelas B, yang memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat umum. RS USU adalah salah satu green building pertama di USU yang didesain dengan mempertimbangkan penghematan energi dan ramah lingkungan. RS USU memiliki 17 layanan poli.

“RS USU juga mulai mengembangkan pelayanan-pelayanan subspesialistik seperti gatroenterohepatologi, nefrologi, hemato oncology, geriatri dan lainnya,”sebutnya.

Terkait prestasi sebut Runtung, selama menjabat sebagai pimpinan di USU sudah banyak prestasi yang diraih. Dimana, jika tahun 2018, USU berada pada peringkat 15 atau peringkat 1 di Klaster 2. Tahun ini, tepatnya pada 16 Agustus 2019, Kemenristekdikti telah mengumumkan bahwaUniversitas Sumatera Utara telah berada di peringkat 13 pada Klaster 1 Pemeringkatan Perguruan Tinggi Non Vokasi Seluruh Indonesia. Ini berarti USU naik dua peringkat dari tahun 2018.

“Masih banyak lagi prestasi yang diraih, termasuk prestasi yang diraih mahasiswa USU. Oleh karena itu, saya berpesan kepada mahasiswa baru dan mahasiswa USU semuanya, jauhilah perbuatan yang bisa merusak reputasi USU. Jika ada aspirasi, sampaikanlah dengan baik, sebagaimana hubungan orangtua dan anak. Binalah hubungan satu sama lain dengan baik,”ujarnya.

Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, Komjen Pol Drs Heru Winarko dalam kegiatan PKKMB yang bertemakan “Melahirkan Generasi Bintang Yang Mampu Bersaing Dalam Tataran Global Pada Era Revolusi 4.0.” mengingatkan, kepada semua mahasiswa untuk menjauhi dan menghindari narkoba. Karena narkoba sangat berbahaya dan dapat merusak moral anak bangsa.

"Ini anugrah mahasiswa masuk ke USU, jangan sampai putus di tengah jalan. Mahasiswa usu jangan menggunakan narkoba.  Tidak bagus," tegasnya. 

Dia menyebutkan, tahun 2030-2040, Indonesia diperkirakan mengalami demografi dimana banyak penduduknya yang produktif sehingga diprediksi Indonesia berada pada peringkat ke 4 negara besar di dunia dengan perekonomiannya.

"Kita berharap ini akan terwujud.  Namun jika narkoba tidak dibasmi, ditakuti malah demografi narkoba,"  ucapnya seraya memotivasi mahasiswa baru untum menjadi yang terbaik bagi orangtua.

Pada kesempatan itu, USU meraih Rekor MURI senam Ahooi peserta terbanyak  yakni, dengan 9.231 orang dengan mengenakan Sortali. Rekor MURI itu diserahkan oleh  Senior Manager MURI Awan Rahargo kepada Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum. Disamping itu, pada kegiatan PKKMB USU tersebut, diadakan juga parade UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) kepada mahasiswa baru. Dimana, parade UKM mengenalkan unit-unit kegiatan mahasiswa di USU yang bisa dipilih mahasiswa baru nantinya. (ef/foto:alfatih)

 

 

 

Latest Articles

Comments