1.381 Lulusan Unimed Diwisuda, Ini Pesan Rektor Unimed

Alfatih-media.com-Sebanyak 1.381 lulusan di Universtas Negeri Medan (Unimed) diwisuda secara daring (dalam jaringan), Rabu (24/11/2021).

Ke 1.381 lulusan yang diwisuda itu diantaranya, 12 Doktor Pendidikan, 16 Magister Linguistik, 35 Magister Pendidikan, 1 orang Magister Akutansi. 1.095 orang Sarjana Pendidikan, 42 Sarjana Sastra, 19 Sarjana Matematika, 5 Sarjana Teknik, 73 Sarjana Sains, 19 Sarjana Olahraga, 21 Sarjana Manajemen, 24 Sarjana Akuntansi, 8 Sarjana Seni, 1 Sarjana Gizi dan 10 Ahli Madya.

Dihadapan para wisudawan, Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom SKM, M.Kes mengajak, semua para wisudawan, agar dapat melanjutkan studi kejenjang S2 dan S3, untuk mengembangkan pengetahuan dan skill yang lebih mahir dan profesional. Hal itu bertujuan agar dapat bersaing di dunia kerja yang kompetitif.

“Unimed saat ini telah memiliki 6 Program Doktor, dan 19 Program Magister. Melalui acara wisuda yang berbahagia ini, kami mengundang para wisudawan untuk kembali melanjutkan pada Program Doktor dan Magister yang ada di kampus kebanggaan kita Universitas Negeri Medan,” kata Syamsul Gultom.

Dikatakannya, Universitas Negeri Medan, saat ini juga sudah menetapkan berbagai terobosan baru untuk pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas dosen dan kualitas kurikulum yang bermutu dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja.

“Kita sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM),” sebutnya.

Melalui program MBKM, sebut Rektor, sebanyak 55 mahasiswa Unimed berhasil lolos untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai perusahaan besar, dunia industri dan perbankkan. Setiap semester, ratusan mahasiswa Unimed kuliah satu semester di kampus terbaik di Indonesia dan beberapa kampus terbaik dunia, untuk semester ini ada 303 mahasiswa Unimed yang sedang mengikuti kuliah diberbagai kampus terbaik di Indonesia dan Eropa.

Begitu juga program kampus mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini, ada 802 mahasiswa yang berperan aktif dalam program kampus mengajar di berbagai pelosok tanah air.

“Kami ingin menyampaikan bahwa prestasi dan peran aktif mahasiswa Unimed dalam mensukseskan program pemerintah ini, sebagai bukti bahwa selama pandemi Covid-19 ini, tidak menghalangi kita semua mahasiswa Unimed untuk terus berbuat dan mengejar prestasi, serta mengabdi untuk negeri tercinta Indonesia.Mahasiswa Unimed juga berhasil meraih 5 Medali di PON XX di Papua sebagai kontingen Sumatera Utara, dan prestasi mahasiswa lainnya di tingkat nasional dan internasional. Kami berharap lulusan Unimed kedepan akan terus bermutu, berdaya saing dan tetap dinanti oleh dunia kerja,” sebutnya.

Rektor mengatakan, upacara wisuda bukanlah acara untuk menyatakan bahwa masa belajar telah berakhir. Justru ini merupakan titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan yang sudah Saudara miliki selama ditempah di Unimed.

“Gelar akademik dan keahlian yang telah saudara peroleh menjadi modal yang dapat memberi kesempatan lebih besar kepada saudara untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup,” ujarnya. (ef/foto:ist)

 

 

 

Latest Articles

Comments